TUGAS OBSERVASI DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN
KONSELING

NAMA : DWI WULANDARI
NIM
: 13.21.014869
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN
2013/2014
KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah yang Maha Esa,yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua
sehingga kami dapat menyelesaikan tugas observasi ini.
Atas
terbentuknya tugas observasi ini kami sebagai penulis menyadari bahwa banyak
kekurangan yang ada dalam tugas observasi ini.
Semoga
tugas observasi ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.
Hormat
Kami
Penulis
Daftar Isi
1. Struktur organisasi Bimbingan dan
Konseling
2.
Peran dan fungsi staf,guru,wakasek,kepala sekolah dan seluruh karyawan sekolah
dalam membantu tugas konselor/guru BK?
3. Permasalahan yang
terjadi di sekolah dan bagaimana penyelesaiannya?
4.
Komponen layanan BK ada yang sudah dilaksanakan dan bagaimana strategi apa yang
digunakan?
5.
Silabus
6.
Satuan layanan
7. Analisa kekuranagan
dan kelebihan layanan BK di setiap sekolah yang di kunjungi,berikan solusinya!
1. Struktur organisasi Bimbingan dan
Konseling
Struktur Organisasi TIDAK ADA
Masih dalam proses pembuatan struktur
organisasi
2.Peran
dan fungsi staf,guru,wakasek,kepala sekolah dan seluruh karyawan sekolah dalam membantu tugas konselor/guru
BK?
·
Menyusun Program Tata Usaha
·
Menyusun Keuanagan Sekolah
·
Pengurusan Pegawai
·
Pembinaan dan Pengembangan Karir
·
Menyusun Perlengkapan Sekolah
·
Menyusun dan Menyajikan data/Statistik
Sekolah
·
Menyusun Laporan Pelaksanaan Kegiatan
pengurusan Ketatausahaan secara berkala.
3.Permasalahan
yang terjadi di sekolah dan bagaimana penyelesaiannya?
·
Membawa HP
·
Membolos
·
Berkelahi
·
Melanggar Tata Tertib
Cara penyelesaiannya:
·
Siswa yang bermasalah pertama tama akan
diberi peringatan selama 3x
·
Tanda tangan di atas materai
·
Dipanggil oleh wali kelas,wakil kepala
sekolah setelah itu diserahkan kepada guru BK.Jika masih tidak bisa di tangani
oleh guru BK maka akan langsung akan diserahkan kepada Kepala Sekolah
4.Komponen
layanan BK ada yang sudah dilaksanakan dan bagaimana strategi apa yang
digunakan?
·
Wali kelas
·
Wakil Kepala Sekolah
·
Guru Bimbingan dan Konseling (BK)
·
Kepala Sekolah
Strategi
Yang Digunakan:
TIDAK ADA stategi yang digunakan.

A.Topik Masalah : Orientasi Sekolah baru
B. Bidang
Bimbingan : Pribadi sosial
C. Jenis Layanan : Orientasi
D.Fungsi Layanan : Pemahaman
E.Tujuan layanan :
1.Siswa dapat memahami pentingnya
mengenali dan memahami tentang sekolah yang dengan personilnya,
2.Siswa mampu
menyebutkan hal-hal yang harus dipahami tentang sekolah yang baru dengan yang
lama.
3.Siswa dapat menguasai
tentang hal-hal penyesuaian diri belajar di Sekolah Lanjut Tingkat Atas dengan
jenis pelajarannya
4. Siswa dapat mematuhi
tata tertib yang berlaku.
F.Hasil yang ingin dicapai : Siswa dapat
memahami betul tentang sekolah dengan segala
Kegiatannya
H.Uraian kegiatan dan materi :
_Guru pembimbing : 1.Mengenalkan
fasilitas sekolah dan kegunaannya
2. Menjelaskan struktur organisasi
sekolah
3.Memberikan tugas pada anak untuk mengenal seluruh guru dan karyawan beserta tugasnya
4.Menjelaskan tata tertib dengan baik
5. Memberikan pemahaman tentang visi,misi dan tujuan sekolah serta
kurikulumnya.
_Siswa :
1. Memperhatiakan penjelasan guru pembimbing tentang fasilitas sekolah
2.Memperhatikan penjelasan guru tentang struktur organisasi sekolah
3. Melaksanakan tugas untuk mengenal guru dan karyawan sekolah
4. Menarima penjelasan tentang visi,misi dan tujuan sekolah.
5. Mengadakan tanya jawab masalah yang belum jelas.
_Materi : 1. Sekolah Baru
2.hal-hal yang perlu dipahami siswa baru
3. Kurikulum
Sekolah
4.Tata tertib
I.-Matode : Ceramah,Tanya Jawab
J. tempat penyelenggaraan : Ruang kelas X
7. Analisa kekuranagan
dan kelebihan layanan BK di setiap sekolah yang di kunjungi,berikan solusinya!
Kekurangan:
·
Kurangnya pengetahuan Guru BK disekolah
·
Tidak Prefisional
Kelebihan:
·
Siswa yang ditangi guru BK sekarang
tidak pernah melanggar lagi
·
Tidak taat pada peraturan
Solusinya
Seharusnya Guru bK
disekolah tersebut selalu mengetahui apa saja yang terjadi di kelas dan siswa
siswinya,Tetapi ketika kami mempertanyakan perkembangan dan masalah apa saja yang terjadi di sekolah
tersebut guru BK tidak mengetahuinya,dan
mempertanyakannyakepada Kepala Sekolah dan Wai Kelas.
Kurangnya interaksi
antara guru BK dengan siswa siswinya,seharusnya guru BK lebih mengetahui
tentang hal hal yang terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar