Jumat, 31 Oktober 2014

Observasi BK





TUGAS OBSERVASI DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING

http://3.bp.blogspot.com/-Sdc3j5QhtGE/UVAO-uHGGiI/AAAAAAAAAIg/NNox4ODfOFE/s260/logo%2Bump.jpg


NAMA : DWI WULANDARI
NIM     : 13.21.014869





UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
                                           TAHUN 2013/2014      







KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang Maha Esa,yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan tugas observasi ini.
Atas terbentuknya tugas observasi ini kami sebagai penulis menyadari bahwa banyak kekurangan yang ada dalam tugas observasi ini.
Semoga tugas observasi ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.


Hormat Kami


Penulis


















Daftar Isi


     1. Struktur organisasi Bimbingan dan Konseling
2. Peran dan fungsi staf,guru,wakasek,kepala sekolah dan seluruh karyawan sekolah dalam  membantu tugas konselor/guru BK?
3. Permasalahan yang terjadi di sekolah dan bagaimana penyelesaiannya?
4. Komponen layanan BK ada yang sudah dilaksanakan dan bagaimana strategi apa yang digunakan?
5. Silabus
6. Satuan layanan
7. Analisa kekuranagan dan kelebihan layanan BK di setiap sekolah yang di kunjungi,berikan solusinya!














     1. Struktur organisasi Bimbingan dan Konseling
                Struktur Organisasi TIDAK ADA
   Masih dalam proses pembuatan struktur organisasi

2.Peran dan fungsi staf,guru,wakasek,kepala sekolah dan seluruh karyawan   sekolah dalam membantu tugas konselor/guru BK?
·         Menyusun Program Tata Usaha
·         Menyusun Keuanagan Sekolah
·         Pengurusan Pegawai
·         Pembinaan dan Pengembangan Karir
·         Menyusun Perlengkapan Sekolah
·         Menyusun dan Menyajikan data/Statistik Sekolah
·         Menyusun Laporan Pelaksanaan Kegiatan pengurusan Ketatausahaan secara berkala.


3.Permasalahan yang terjadi di sekolah dan bagaimana penyelesaiannya?

·         Membawa HP
·         Membolos
·         Berkelahi
·         Melanggar Tata Tertib

Cara penyelesaiannya:
·         Siswa yang bermasalah pertama tama akan diberi peringatan selama 3x
·         Tanda tangan di atas materai
·         Dipanggil oleh wali kelas,wakil kepala sekolah setelah itu diserahkan kepada guru BK.Jika masih tidak bisa di tangani oleh guru BK maka akan langsung akan diserahkan kepada Kepala Sekolah

4.Komponen layanan BK ada yang sudah dilaksanakan dan bagaimana strategi apa yang digunakan?
·         Wali kelas
·         Wakil Kepala Sekolah
·         Guru Bimbingan dan Konseling (BK)
·         Kepala Sekolah
Strategi Yang Digunakan:
   TIDAK ADA stategi yang digunakan.



Rounded Rectangle: PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (PPBK)
TAHUN PELAJARAN:2013/2014
SEMESTER:1
KELAS:X

6.Satuan layanan





     A.Topik Masalah         : Orientasi Sekolah baru
B. Bidang Bimbingan  : Pribadi sosial
     C. Jenis Layanan          : Orientasi
     D.Fungsi Layanan       : Pemahaman
E.Tujuan layanan        :      1.Siswa dapat memahami pentingnya mengenali dan memahami tentang sekolah yang dengan personilnya,
2.Siswa mampu menyebutkan hal-hal yang harus dipahami tentang sekolah yang baru dengan yang lama.
3.Siswa dapat menguasai tentang hal-hal penyesuaian diri belajar di Sekolah Lanjut Tingkat Atas dengan jenis pelajarannya
4. Siswa dapat mematuhi tata tertib yang berlaku.

F.Hasil yang ingin dicapai : Siswa dapat memahami betul tentang sekolah dengan segala    Kegiatannya
H.Uraian kegiatan dan materi :
  _Guru pembimbing              : 1.Mengenalkan fasilitas sekolah dan kegunaannya
                                                  2. Menjelaskan struktur organisasi sekolah
                                                 3.Memberikan tugas pada anak untuk mengenal seluruh   guru dan karyawan beserta tugasnya
                                                4.Menjelaskan tata tertib dengan baik
                                               5. Memberikan pemahaman tentang visi,misi dan tujuan sekolah serta kurikulumnya.
_Siswa                                  :  1. Memperhatiakan penjelasan guru pembimbing tentang fasilitas sekolah
                                                2.Memperhatikan penjelasan guru tentang struktur organisasi sekolah
                                                3. Melaksanakan tugas untuk mengenal guru dan karyawan sekolah
                                               4. Menarima penjelasan tentang visi,misi dan tujuan sekolah.
                                               5. Mengadakan tanya jawab masalah yang belum jelas.
_Materi                               :  1. Sekolah Baru
                                              2.hal-hal yang perlu dipahami siswa baru
                                              3. Kurikulum Sekolah
                                              4.Tata tertib
 I.-Matode                           : Ceramah,Tanya Jawab
J. tempat penyelenggaraan  : Ruang kelas X                                            



















7. Analisa kekuranagan dan kelebihan layanan BK di setiap sekolah yang di kunjungi,berikan solusinya!
 Kekurangan:
·         Kurangnya pengetahuan Guru BK disekolah
·         Tidak Prefisional
Kelebihan:
·            Siswa yang ditangi guru BK sekarang tidak pernah melanggar  lagi
·            Tidak taat pada peraturan

Solusinya
Seharusnya Guru bK disekolah tersebut selalu mengetahui apa saja yang terjadi di kelas dan siswa siswinya,Tetapi ketika kami mempertanyakan perkembangan  dan masalah apa saja yang terjadi di sekolah tersebut  guru BK tidak mengetahuinya,dan mempertanyakannyakepada Kepala Sekolah dan Wai Kelas.
Kurangnya interaksi antara guru BK dengan siswa siswinya,seharusnya guru BK lebih mengetahui tentang hal hal yang terjadi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar